Berikut ini adalah salah satu perangkat KBM
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Wanareja
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Komp. Keahlian :
Seluruh Kompetensi
Keahlian
Kelas/Semester :
XII/5 (Gasal)
Tahun Pelajaran :
2020/2021
Alokasi Waktu :
4 x 2 x 45 menit
I. Kompetensi Inti
a. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian darikeluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
b. Keterampilan:
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian darikeluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
b. Keterampilan:
Melaksanakan tugas spesifik
dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa
Inggris.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif,
kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
II. Kompetensi Dasar
3.24 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.24 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
III. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.24.1 Memerinci fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan dalam teks mengenai hubungan sebab akibat
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.24.2 Menelaah struktur teks dan unsur kebahasaan
dari berbagai ungkapan mengenai
hubungan
sebab akibat sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.24.1 Menyelesaikan teks lisan dan tulis
mengenai hubungan sebab akibat dengan menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang tepat sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.24.2
Menggunakan secara lisan dan tulis ungkapan tentang hubungan sebab akibat dengan menggunakan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang tepat
sesuai dengan konteks penggunaan
IV. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui diskusi dan
menggali informasi, peserta didik dapat merinci fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks hubungan sebab akibat dengan tepat.
2. Melalui diskusi dan
menggali informasi, peserta didik dapat menelaah struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks hubungan sebab akibat dengan cermat.
3. Disediakan teks tulis
acak tentang hubungan sebab akibat, peserta didik dapat menyelesaikan teks
tersebut dengan tanggung jawab.
4. Disediakan teks tentang sebab
akibat, peserta didik dapat menggunakan teks tersebut dengan santun.
V. Materi
Pembelajaran
Teks
tentang hubungan sebab akibat
Fungsi
Sosial
Untuk menjelaskan hubungan sebab dan akibat tentang sesuatu
Untuk menjelaskan hubungan sebab dan akibat tentang sesuatu
Struktur Teks
- Pernyataan umum
- Isi/informasi tentang penyebab dan akibat dari sesuatu yang diterangkan
- Interpretasi
- Pernyataan umum
- Isi/informasi tentang penyebab dan akibat dari sesuatu yang diterangkan
- Interpretasi
Contoh:
- Due to bad weather the match was cancelled
- Jasmine’s printer broke down therefore she was unable to hand in her assignment on time.
- Due to bad weather the match was cancelled
- Jasmine’s printer broke down therefore she was unable to hand in her assignment on time.
Unsur
Kebahasaan
- Kata-kata terkait dengan topik
- Tata Bahasa:
- Tata Bahasa:
ü Simple Past Tense
ü Past Perfect tense
ü Noun phrases
ü Conjunctions of cause and effect
ü Past Perfect tense
ü Noun phrases
ü Conjunctions of cause and effect
- Ejaan dan
tanda baca yang jelas, rapi dan tepat
- Ucapan, tekanan kata dan intonasi yang jelas dan tepat ketika mempresentasikan secara lisan
- Ucapan, tekanan kata dan intonasi yang jelas dan tepat ketika mempresentasikan secara lisan
VI. Pendekatan,
Model, dan Metode
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Learning
3. Metode : Observasi,
diskusi, dan penugasan
VII. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke 1 (2 x 45 menit)
Pertemuan Ke 1 (2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Masuk kelas tepat
waktu dengan mengucapkan salam (Penumbuhan karakter budaya sekolah tentang
disiplin dan religius).
2. Memeriksa kehadiran
peserta didik ( Penumbuhan karakter disiplin).
3. Meminta untuk berdoa
saat pelajaran akan dimulai (Penumbuhan karakter religius).
4. Melakukan
kebersihan kelas sebelum pelajaran dimulai (Penumbuhan karakter peduli
lingkungan).
5. Mengisi
agenda kelas dan mengabsen peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin
sebagai budaya sekolah dan karakter peduli sosial).
6. Memberi
informasi mengenai kompetensi, materi, serta tujuan pembelajaran
7. Menjelaskan
penilaian yang dilakukan.
8. Meminta
peserta didik untuk duduk berkelompok (Penumbuhan karakter demokratis).
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pemberian Rangsangan/stimulus
Peserta didik mengamati teks tentang hubungan sebab akibat (Penumbuhan karakter rasa ingin tahu).
Identifikasi Masalah
Peserta didik menganalisis fungsi sosial,
struktur teks dan unsur
kebahasaan yang terdapat dalam teks hubungan sebab akibat (Penumbuhan kecakapan abad 21 - berpikir kritis).
Pengumpulan Data
Peserta didik mengumpulkan data mengenai fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai contoh teks
hubungan sebab akibat (Penumbuhan keterampilan abad 21 - kegiatan literasi).
|
70 menit
|
Penutup
|
1. Mengajak
peserta didik untuk membuat
rangkuman
materi belajar.
2.
Menanyakan kepada peserta didik tentang fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur
kebahasaan
yang mungkin belum/tidak jelas.
3.
Pemberian tugas/ projek/produk/
portofolio/ unjuk kerja untuk individu/kelompok untuk pertemuan
yang akan datang.
4.
Mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memotivasi untuk tetap semangat serta meningatkan mereka untuk
mempelajari materi baru yang lebih menantang dalam rangka mempersiapkan diri
menghadapi tantangan abad 21.
5.
Memberikan informasi tentang
rencana pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
6.
Mempersilakan peserta didik untuk
berdoa, menutup kegiatan pembelajaran hari ini ( Penumbuhan karakter religius
).
|
10 menit
|
Pertemuan Ke 2 (2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Masuk kelas tepat
waktu dengan mengucapkan salam (Penumbuhan karakter budaya sekolah tentang
disiplin dan religius).
2. Memeriksa kehadiran
peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin).
3. Meminta untuk berdoa
saat pelajaran akan dimulai (Penumbuhan karakter religius ).
4. Melakukan
kebersihan kelas sebelum pelajaran dimulai (Penumbuhan karakter peduli
lingkungan).
5. Mengisi
agenda kelas dan mengabsen peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin
sebagai budaya sekolah dan karakter peduli sosial).
6. Memberi
informasi mengenai kompetensi, materi, serta tujuan pembelajaran
7. Menjelaskan
penilaian yang dilakukan.
8. Meminta
peserta didik untuk duduk berkelompok (Penumbuhan karakter demokratis).
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pengolahan Data
·
Peserta didik
mendiskusikan dan menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks hubungan
sebab akibat (Penumbuhan karakter cinta damai dan kecakapan abad 21 – berpikir
kritis);
·
Peserta didik
menerapkan struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks hubungan
sebab akibat ke dalam
latihan dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan (Penumbuhan keterampilan abad 21 – kreatif dan inovatif);
·
Peserta didik
menyusun teks hubungan sebab akibat dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai
konteks penggunaan (penumbuhan
keterampilan abad 21 – kreatif dan inovatif).
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Mengajak peserta didik untuk
membuat
rangkuman
materi belajar.
2.
Menanyakan kepada peserta didik tentang fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur
kebahasaan
yang mungkin belum/tidak jelas.
3.
Pemberian tugas/
projek/produk/ portofolio/ unjuk kerja untuk
individu/kelompok untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memotivasi untuk tetap semangat serta meningatkan mereka untuk
mempelajari materi baru yang lebih menantang dalam rangka mempersiapkan diri
menghadapi tantangan abad 21.
5.
Memberikan informasi tentang
rencana pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
6.
Mempersilakan peserta didik untuk
berdoa, menutup kegiatan pembelajaran hari ini ( Penumbuhan karakter religius
).
|
10 menit
|
Pertemuan Ke 3 (2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Masuk kelas tepat waktu
dengan mengucapkan salam (Penumbuhan karakter budaya sekolah tentang disiplin
dan religius ).
2. Memeriksa kehadiran
peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin).
3. Meminta untuk berdoa
saat pelajaran akan dimulai (Penumbuhan karakter religius ).
4. Melakukan
kebersihan kelas sebelum pelajaran dimulai (Penumbuhan karakter peduli
lingkungan).
5. Mengisi
agenda kelas dan mengabsen peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin
sebagai budaya sekolah dan karakter peduli sosial).
6. Memberi
informasi mengenai kompetensi, materi, serta tujuan pembelajaran
7. Menjelaskan
penilaian yang dilakukan.
8. Meminta
peserta didik untuk duduk berkelompok (Penumbuhan karakter demokratis).
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pengolahan Data
·
Peserta didik
mendiskusikan dan menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks hubungan
sebab akibat (Penumbuhan karakter cinta damai dan kecakapan abad 21 – berpikir
kritis);
·
Peserta didik
menerapkan struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks hubungan
sebab akibat ke dalam
latihan dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan (Penumbuhan keterampilan abad 21 – kreatif dan inovatif);
·
Peserta didik
menyusun teks hubungan sebab akibat dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai
konteks penggunaan ( Penumbuhan keterampilan
abad 21 – kreatif dan inovatif).
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Mengajak peserta didik untuk
membuat
rangkuman
materi belajar.
2.
Menanyakan kepada peserta didik tentang fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur
kebahasaan
yang mungkin belum/tidak jelas.
3.
Pemberian tugas/
projek/produk/ portofolio/ unjuk kerja untuk
individu/kelompok untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memotivasi untuk tetap semangat serta meningatkan mereka untuk
mempelajari materi baru yang lebih menantang dalam rangka mempersiapkan diri
menghadapi tantangan abad 21.
5.
Memberikan informasi tentang
rencana pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
6.
Mempersilakan peserta didik untuk
berdoa, menutup kegiatan pembelajaran hari ini ( Penumbuhan karakter religius ).
|
10 menit
|
Pertemuan Ke 4 (2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Masuk kelas tepat waktu
dengan mengucapkan salam (Penumbuhan karakter budaya sekolah tentang disiplin
dan religius ).
2. Memeriksa kehadiran
peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin).
3. Meminta untuk berdoa
saat pelajaran akan dimulai (Penumbuhan karakter religius ).
4. Melakukan
kebersihan kelas sebelum pelajaran dimulai (Penumbuhan karakter peduli
lingkungan).
5. Mengisi
agenda kelas dan mengabsen peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin
sebagai budaya sekolah dan karakter peduli sosial).
6. Memberi
informasi mengenai kompetensi, materi, serta tujuan pembelajaran.
7. Menjelaskan
penilaian yang dilakukan.
8. Meminta
peserta didik untuk duduk berkelompok (Penumbuhan karakter demokratis).
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pengolahan Data 3
·
Peserta didik
mendiskusikan dan menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks hubungan
sebab akiba (Penumbuhan karakter cinta damai dan kecakapan abad 21 – berpikir
kritis);
·
Peserta didik
menerapkan struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks hubungan
sebab akibat ke dalam
latihan dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan (Penumbuhan keterampilan abad 21 - kreatif dan inovatif);
·
Peserta didik
menyusun teks hubungan sebab akibat dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai
konteks penggunaan (Penumbuhan keterampilan
abad 21 - kreatif dan inovatif ).
Penarikan Kesimpulan
Peserta didik mengkomunikasikan
teks hubungan sebab akibatdengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai
konteks penggunaan (Penumbuhan karakter tanggung jawab dan kecakapan abad 21 - komunikatif).
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Mengajak peserta didik untuk
membuat
rangkuman
materi belajar.
2.
Menanyakan kepada peserta didik tentang fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur
kebahasaan
yang mungkin belum/tidak jelas.
3.
Pemberian tugas/
projek/produk/ portofolio/ unjuk kerja untuk
individu/kelompok untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memotivasi untuk tetap semangat serta meningatkan mereka untuk
mempelajari materi baru yang lebih menantang dalam rangka mempersiapkan diri
menghadapi tantangan abad 21.
5.
Memberikan informasi tentang
rencana pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya.
6.
Mempersilakan peserta didik untuk
berdoa, menutup kegiatan pembelajaran hari ini ( Penumbuhan karakter religius
).
|
10 menit
|
III. Alat/Bahan dan Media Pembelajaran:
1. Alat : LCD, Laptop, Whiteboard,Marker/Spidol
2. Bahan : Teks tentang hubungan sebab akibat
3. Media : Worksheet/Lembar Kerja Siswa,Lembar Penilaian
IX. Sumber
Belajar:
1.
Buku Bahasa
Inggris Kelas XII
2. Kamus Bahasa Inggris
3. Pengalaman Peserta Didik/Guru
4. Koran/ majalah berbahasa Inggris
X. Penilaian
Pembelajaran:
1. Teknik
Penilaian:
a. Pengetahuan / Tes
tertulis, tes lisan, dan penugasan
b. Keterampilan / Kinerja,
proyek, dan portofolio
c. Sikap dan Penguatan
Pendidikan Karakter / Observasi langsung
2. Instrumen Penilaian:
2. Instrumen Penilaian:
A.
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
a. Kisi-kisi dan Soal
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator
Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
3.24
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks
penggunaan
nya.
|
3.24.1 Merinci
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks
mengenai
hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.24.2
Menelaah struktur teks dan unsur
kebahasaan dari berbagai
ungkapan
mengenai hubungan sebab akibat
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
1. Mampu merinci
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks
mengenai hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. Mampu menelaah struktur teks dan unsur
kebahasaan dari berbagai
ungkapan mengenai hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
Pilihan Ganda
|
terlampir
|
4.24
Menyusun teks
interaksi
transaksional
lisan dan tulis
yang
melibatkan
tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar
dan sesuai konteks
|
4.24.1
Menyelasaikan teks lisan dan tulis mengenai hubungan
sebab akibat dengan
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang
tepat sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.24.2 Menggunakan secara lisan dan tulis ungkapan
tentang hubungan sebab akibat dengan
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks
penggunaan
|
1. Mampu melengkapi teks lisan dan tulis
mengenai hubungan sebab akibat dengan
menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
Essay
|
Terlampir
|
B.
Penilaian Sikap
a.
Observasi
b.
Penilaian Diri
c.
Penilaian Teman
Sebaya
d.
Penilaian Jurnal
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan:
a. Remidial dilaksanakan
apabila pencapaian hasil belajar peserta didik belum mencapai Kriteria
Ketuntasan Belajar (KKB).
b. Pengayaan
dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKB,
tetapi peserta didik belum puas dengan hasil belajar yang dicapai.
Wanareja, 09
Juli 2020
Waka
Kurikulum, Guru
Mata Pelajaran,
Koko Koswara, S.Pd., M.Pd Taswa Suryatmana, S.Pd
titanium stud earrings - Titanium Arts
BalasHapusThis special ring provides a titanium nipple rings large toaks titanium ring with the distinctive pattern of earrings. These rings are 룰렛 게임 unique for playing cards, ceramic vs titanium curling iron poker, and other playing games. titanium pots and pans