Minggu, 26 April 2020

RPP Bahasa Inggris Kelas XII

Berikut ini adalah salah satu perangkat KBM
                                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                                                    KD. 24

Nama Sekolah                : SMK Negeri 1 Wanareja
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris

Komp. Keahlian             : Seluruh Kompetensi Keahlian

Kelas/Semester               : XII/5 (Gasal)
Tahun Pelajaran              : 2020/2021
Alokasi Waktu               : 4 x 2 x 45 menit
I.  Kompetensi Inti
a.       Pengetahuan
    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan   faktual, konseptual, prosedural dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang  dan lingkup kajian Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian darikeluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
b.      Keterampilan:
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang   kajian Bahasa Inggris.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah  abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan                          pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
II.  Kompetensi Dasar
3.24  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi   transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta    informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks  penggunaannya.
           4.24    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan    memberi                   dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan  memperhatikan      fungsi                     sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar  dan sesuai konteks
III. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.24.1 Memerinci  fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks mengenai                         hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.24.2 Menelaah struktur teks dan unsur kebahasaan dari berbagai ungkapan  mengenai  
           hubungan sebab akibat  sesuai dengan konteks penggunaannya.
     4.24.1 Menyelesaikan teks lisan dan tulis mengenai hubungan sebab akibat                                                      dengan   menggunakan     struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan
                konteks penggunaannya.
   4.24.2 Menggunakan secara lisan dan tulis ungkapan tentang hubungan sebab akibat dengan                           menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat
                sesuai dengan konteks penggunaan
IV. Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat merinci fungsi sosial, struktur   teks, dan unsur kebahasaan dari teks hubungan sebab akibat dengan tepat.
2.      Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menelaah struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks hubungan sebab akibat dengan cermat.
3.      Disediakan teks tulis acak tentang hubungan sebab akibat, peserta didik dapat menyelesaikan teks tersebut dengan tanggung jawab.
4.      Disediakan teks tentang sebab akibat, peserta didik dapat menggunakan teks tersebut dengan santun.
V. Materi Pembelajaran
     Teks tentang hubungan sebab akibat
      Fungsi Sosial
      Untuk menjelaskan hubungan sebab dan akibat tentang sesuatu 
  Struktur Teks
- Pernyataan umum
- Isi/informasi tentang penyebab dan akibat dari sesuatu yang diterangkan
- Interpretasi
  Contoh:
    - Due  to bad weather the match was cancelled
   - Jasmine’s printer broke down therefore she was unable to hand in her assignment on  time.
     Unsur  Kebahasaan
- Kata-kata terkait dengan topik
- Tata Bahasa:
ü  Simple Past Tense
ü  Past  Perfect tense
ü  Noun phrases
ü  Conjunctions of cause and effect
  - Ejaan dan tanda baca yang jelas, rapi dan tepat
  - Ucapan, tekanan kata dan intonasi yang  jelas dan tepat ketika mempresentasikan secara lisan
VI. Pendekatan, Model, dan Metode
1.      Pendekatan                  : Saintifik
2.      Model                          : Discovery Learning
3.      Metode                        : Observasi, diskusi, dan penugasan
VII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke 1 (2 x 45 menit)
     Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan



1.      Masuk kelas tepat waktu dengan mengucapkan salam (Penumbuhan karakter budaya sekolah tentang disiplin dan religius).
2.      Memeriksa kehadiran peserta didik ( Penumbuhan karakter disiplin).
3.      Meminta untuk berdoa saat pelajaran akan dimulai (Penumbuhan karakter religius).
4.      Melakukan kebersihan kelas sebelum pelajaran dimulai (Penumbuhan karakter peduli lingkungan).
5.      Mengisi agenda kelas dan mengabsen peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin sebagai budaya sekolah dan karakter peduli sosial).
6.      Memberi informasi mengenai kompetensi, materi, serta tujuan pembelajaran
7.      Menjelaskan penilaian yang dilakukan.
8.      Meminta peserta didik untuk duduk berkelompok (Penumbuhan karakter demokratis).

10 menit


Kegiatan Inti
Pemberian Rangsangan/stimulus
Peserta didik mengamati  teks tentang hubungan sebab akibat (Penumbuhan karakter rasa ingin tahu).
Identifikasi Masalah
Peserta didik menganalisis fungsi sosial, struktur        teks dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks hubungan sebab akibat (Penumbuhan kecakapan abad 21 -  berpikir kritis).
Pengumpulan Data
Peserta didik mengumpulkan data mengenai  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai contoh teks hubungan sebab akibat (Penumbuhan keterampilan abad 21 - kegiatan literasi).


70 menit
Penutup
1.      Mengajak peserta didik untuk membuat
rangkuman materi belajar.
2.      Menanyakan kepada peserta didik  tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur 
kebahasaan yang mungkin belum/tidak jelas.
3.      Pemberian tugas/ projek/produk/ portofolio/ unjuk kerja untuk individu/kelompok untuk pertemuan yang akan datang.
4.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memotivasi untuk tetap semangat serta meningatkan mereka untuk mempelajari materi baru yang lebih menantang dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi tantangan abad 21.
5.      Memberikan informasi tentang rencana  pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
6.      Mempersilakan peserta didik untuk berdoa, menutup kegiatan pembelajaran hari ini               ( Penumbuhan karakter religius ).

10 menit
Pertemuan Ke 2 (2 x 45 menit)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


1.      Masuk kelas tepat waktu dengan mengucapkan salam (Penumbuhan karakter budaya sekolah tentang disiplin dan religius).
2.      Memeriksa kehadiran peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin).
3.      Meminta untuk berdoa saat pelajaran akan dimulai (Penumbuhan karakter religius ).
4.      Melakukan kebersihan kelas sebelum pelajaran dimulai (Penumbuhan karakter peduli lingkungan).
5.      Mengisi agenda kelas dan mengabsen peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin sebagai budaya sekolah dan karakter peduli sosial).
6.      Memberi informasi mengenai kompetensi, materi, serta tujuan pembelajaran
7.      Menjelaskan penilaian yang dilakukan.
8.      Meminta peserta didik untuk duduk berkelompok (Penumbuhan karakter demokratis).

10 menit


Kegiatan Inti
Pengolahan Data
·          Peserta didik mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks hubungan sebab akibat (Penumbuhan karakter cinta damai dan kecakapan abad 21 – berpikir kritis);
·          Peserta didik menerapkan struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks hubungan sebab akibat  ke dalam latihan dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan (Penumbuhan keterampilan abad 21 – kreatif dan inovatif);
·          Peserta didik menyusun teks hubungan sebab akibat dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai konteks penggunaan (penumbuhan keterampilan abad 21 – kreatif dan inovatif).

70 menit
Penutup
1.      Mengajak peserta didik untuk membuat  
rangkuman materi belajar.
2.      Menanyakan kepada peserta didik  tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur 
kebahasaan yang mungkin belum/tidak jelas.
3.      Pemberian tugas/ projek/produk/ portofolio/ unjuk kerja untuk individu/kelompok untuk pertemuan yang akan datang.
4.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memotivasi untuk tetap semangat serta meningatkan mereka untuk mempelajari materi baru yang lebih menantang dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi tantangan abad 21.
5.      Memberikan informasi tentang rencana  pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
6.      Mempersilakan peserta didik untuk berdoa, menutup kegiatan pembelajaran hari ini               ( Penumbuhan karakter religius ).

10 menit
Pertemuan Ke 3 (2 x 45 menit)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


1.      Masuk kelas tepat waktu dengan mengucapkan salam (Penumbuhan karakter budaya sekolah tentang disiplin dan religius ).
2.      Memeriksa kehadiran peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin).
3.      Meminta untuk berdoa saat pelajaran akan dimulai (Penumbuhan karakter religius ).
4.      Melakukan kebersihan kelas sebelum pelajaran dimulai (Penumbuhan karakter peduli lingkungan).
5.      Mengisi agenda kelas dan mengabsen peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin sebagai budaya sekolah dan karakter peduli sosial).
6.      Memberi informasi mengenai kompetensi, materi, serta tujuan pembelajaran
7.      Menjelaskan penilaian yang dilakukan.
8.      Meminta peserta didik untuk duduk berkelompok (Penumbuhan karakter demokratis).

10 menit


Kegiatan Inti
Pengolahan Data
·      Peserta didik mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks hubungan sebab akibat (Penumbuhan karakter cinta damai dan kecakapan abad 21 – berpikir kritis);
·          Peserta didik menerapkan struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks hubungan sebab akibat  ke dalam latihan dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan (Penumbuhan keterampilan abad 21 – kreatif dan inovatif);
·          Peserta didik menyusun teks hubungan sebab akibat dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai konteks penggunaan ( Penumbuhan keterampilan abad 21 – kreatif dan inovatif).

70 menit
Penutup
1.      Mengajak peserta didik untuk membuat  
rangkuman materi belajar.
2.      Menanyakan kepada peserta didik  tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur 
kebahasaan yang mungkin belum/tidak jelas.
3.      Pemberian tugas/ projek/produk/ portofolio/ unjuk kerja untuk individu/kelompok untuk pertemuan yang akan datang.
4.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memotivasi untuk tetap semangat serta meningatkan mereka untuk mempelajari materi baru yang lebih menantang dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi tantangan abad 21.
5.      Memberikan informasi tentang rencana  pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
6.      Mempersilakan peserta didik untuk berdoa, menutup kegiatan pembelajaran hari ini               ( Penumbuhan karakter religius ).

10 menit
Pertemuan Ke 4 (2 x 45 menit)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan


1.      Masuk kelas tepat waktu dengan mengucapkan salam (Penumbuhan karakter budaya sekolah tentang disiplin dan religius ).
2.      Memeriksa kehadiran peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin).
3.      Meminta untuk berdoa saat pelajaran akan dimulai (Penumbuhan karakter religius ).
4.      Melakukan kebersihan kelas sebelum pelajaran dimulai (Penumbuhan karakter peduli lingkungan).
5.      Mengisi agenda kelas dan mengabsen peserta didik (Penumbuhan karakter disiplin sebagai budaya sekolah dan karakter peduli sosial).
6.      Memberi informasi mengenai kompetensi, materi, serta tujuan pembelajaran.
7.      Menjelaskan penilaian yang dilakukan.
8.      Meminta peserta didik untuk duduk berkelompok (Penumbuhan karakter demokratis).


10 menit


Kegiatan Inti
   Pengolahan Data 3
·         Peserta didik mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks hubungan sebab akiba (Penumbuhan karakter cinta damai dan kecakapan abad 21 – berpikir kritis);
·          Peserta didik menerapkan struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks hubungan sebab akibat  ke dalam latihan dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan (Penumbuhan keterampilan abad 21 - kreatif dan inovatif);
·          Peserta didik menyusun teks hubungan sebab akibat dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai konteks penggunaan (Penumbuhan keterampilan abad 21 - kreatif dan inovatif ).
Penarikan Kesimpulan
Peserta didik mengkomunikasikan teks hubungan sebab akibatdengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai konteks penggunaan (Penumbuhan karakter tanggung jawab dan  kecakapan abad 21 - komunikatif).

70 menit
Penutup
1.      Mengajak peserta didik untuk membuat  
rangkuman materi belajar.
2.      Menanyakan kepada peserta didik  tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur 
kebahasaan yang mungkin belum/tidak jelas.
3.      Pemberian tugas/ projek/produk/ portofolio/ unjuk kerja untuk individu/kelompok untuk pertemuan yang akan datang.
4.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memotivasi untuk tetap semangat serta meningatkan mereka untuk mempelajari materi baru yang lebih menantang dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi tantangan abad 21.
5.      Memberikan informasi tentang rencana  pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
6.      Mempersilakan peserta didik untuk berdoa, menutup kegiatan pembelajaran hari ini               ( Penumbuhan karakter religius ).

10 menit
III. Alat/Bahan  dan Media Pembelajaran:
1.      Alat      : LCD, Laptop, Whiteboard,Marker/Spidol
2.      Bahan   : Teks tentang hubungan sebab akibat
3.      Media   : Worksheet/Lembar Kerja Siswa,Lembar Penilaian
IX. Sumber Belajar:
1.      Buku Bahasa Inggris Kelas XII 
2.    Kamus Bahasa Inggris
3.    Pengalaman Peserta Didik/Guru
4.    Koran/ majalah berbahasa Inggris
X. Penilaian Pembelajaran:
1.    Teknik Penilaian:
a.       Pengetahuan / Tes tertulis, tes lisan, dan penugasan
b.      Keterampilan / Kinerja, proyek, dan portofolio
c.       Sikap dan Penguatan Pendidikan Karakter / Observasi langsung
2.    Instrumen Penilaian:
A. Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
    a. Kisi-kisi dan Soal
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal
3.24
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi    transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta  informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks 
penggunaan nya.

3.24.1 Merinci  fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks
     mengenai hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.24.2
     Menelaah struktur teks dan unsur kebahasaan dari berbagai    
     ungkapan  mengenai hubungan sebab akibat  sesuai dengan konteks penggunaannya.
    
1.   Mampu merinci  fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks
     mengenai hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.     Mampu menelaah struktur teks dan unsur kebahasaan dari berbagai    
     ungkapan  mengenai hubungan sebab akibat  sesuai dengan konteks     penggunaannya.
 
Pilihan Ganda
terlampir
4.24
Menyusun teks  
interaksi   
transaksional 
lisan dan tulis
yang
melibatkan
tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan 
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar 
dan sesuai konteks

4.24.1
Menyelasaikan teks lisan dan tulis mengenai hubungan sebab akibat dengan  
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.24.2 Menggunakan secara lisan dan tulis ungkapan tentang hubungan sebab  akibat dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat                sesuai dengan konteks penggunaan

1. Mampu melengkapi teks lisan dan tulis mengenai hubungan sebab akibat dengan  
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks penggunaannya.
    

Essay
Terlampir
        
        B.  Penilaian Sikap
a.         Observasi
b.        Penilaian Diri
c.         Penilaian Teman Sebaya
d.        Penilaian Jurnal

3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan:
a.  Remidial dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik belum mencapai   Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB).
b.  Pengayaan dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKB, tetapi peserta didik belum puas dengan hasil belajar yang dicapai.

Wanareja,     09   Juli  2020
Waka Kurikulum,                                           Guru Mata Pelajaran,                                 



            Koko Koswara, S.Pd., M.Pd                       Taswa Suryatmana, S.Pd
NIP: 19801116 201406 1 001                        NIP: 19700814 200501 1 011

1 komentar:

  1. titanium stud earrings - Titanium Arts
    This special ring provides a titanium nipple rings large toaks titanium ring with the distinctive pattern of earrings. These rings are 룰렛 게임 unique for playing cards, ceramic vs titanium curling iron poker, and other playing games. titanium pots and pans

    BalasHapus